Saturday, September 13, 2014

Prahara Media Sosial


Media Sosial-mu adalah monstermu


Kemajuan teknologi merambah berbagai bidang, terutama bidang informasi. Media sosial [medsos] adalah salah satu contoh konkrit majunya teknologi informasi. Setiap orang yang memiliki gadget canggih biasanya memiliki akun medsos, baik itu facebook, twitter, instagram, google+, blog, dsb. Pengguna biasanya membagikan momen-momen mereka yang berharga atau informasi yang bermanfaat bagi rekan lainnya. Sayangnya, saat ini medsos menjadi wadah yang disalahgunakan. Muncul akun-akun palsu yang menyebarkan fitnah, bahkan ada yang berbau SARA. Ada juga yang bertujuan untuk melakukan penipuan, baik dalam jual beli online maupun tujuan terselubung lainnya.

Pengguna medsos harusnya bisa mengontrol apa yang akan mereka bagikan di sana. Kebanyakan hanya berupa keluh kesah dan caci maki jika keinginan mereka tidak tercapai. Kasus terbaru yang hangat adalah ledakan emosi di medsos yang berakibat cyber bullying. Jika dulu ada pepatah ”mulutmu adalah harimaumu”, itu benar sekali. Jika anda membiarkan harimau anda tidak terkendali, akan ada (hati) seseorang yang terluka. Saat ini, medsos bisa menjadi harimau yang lebih ganas [sebut saja monster] kerana yang menyimak bukan hanya lingkungan dalam radius suara, melainkan lingkungan yang radiusnya tidak terbatas, seantero nusantara, bahkan bisa seantero jagat. Sekali salah dalam berbuat, itu bisa menjadi penyesalan seumur hidup.

Medsos bisa menjadi cerminan pribadi orang yang memilikinya. Jika yang di share adalah hal-hal yang menyimpang maka ada indikasi penyimpangan mental pemiliknya. Kata-kata yang berserakan di beranda medsos juga bisa menggambarkan karakter pemiliknya. Meskipun bertitel sarjana, jika bahasa yang digunakan tidak sesuai, hanya berisi curahan emosi dan kata-kata sampah maka perlu dipertanyakan tingkat pendidikannya itu. Selalu jaga kesopanan dan etika dalam menggunakan medsos. Gunakan untuk hal-hal yang bermanfaat bagi sesama agar kemajuan teknologi ini tidak menjadi bumerang yang akan memusnahkan umat manusia.


Zet.@ 05 sept 2014

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...