Saturday, November 24, 2012

Artikel Kamen Rider


Tradisi HENSHIN!!!


Para penggemar tokusatsu pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Henshin!, yang secara umum berarti BERUBAH!. Istilah henshin telah menjadi trademark dari salah satu genre tokusatsu, yaitu kamen rider.



Kamen rider Jadul (Shōwa era) masing-masing memiliki kuda-kuda henshin yang khas. Sebenarnya, sebagian besar dari mereka adalah transformed human – (kaizō ningen), atau cyborg. Tanpa perlu melakukan henshin, mereka sudah cukup kuat untuk menjadi superhero. Henshin bagi mereka adalah cara agar terlihat keren sekaligus menyembunyikan alter-ego mereka. Kamen Rider Super-One, Black dan Black RX adalah contoh rider yang memiliki ritual henshin yang panjang. Namun pada saat terdesak, mereka bisa henshin dalam sekejap tanpa perlu melakukan gerakan yang panjang itu.



Tradisi menjaga rahasia alter-ego ini dipatahkan serial Kamen rider Kuuga yang menjadi pembuka generasi Millenium (Heisei era). Rider pada generasi ini hanyalah manusia biasa. Tanpa driver atau beltnya, mereka bukanlah tandingan para Villain. Mereka hanyalah manusia dengan jiwa hero yang kuat. Kuuga memiliki gaya yang khas setelah mengalahkan villainnya yang disebut Grongi. Mengacungkan JEMPOLnya. Serial ini menggunakan trend dari Kamen rider Black RX, yaitu perubahan wujud. Tidak tanggung-tanggung, ada 11 form plus satu form special, yaitu Growing, Mighty, Dragon, Pegasus, Titan, Rising Mighty, Rising Dragon, Rising Pegasus, Rising Titan, Amazing Mighty, Ultimate dan Rising Ultimate. Trivia: serial Kuuga terasa dramanya karena Actionnya agak minim.



Serial Agito membawa trend baru. Multiple rider dan Evil rider. Agito memiliki 4 orang rider, yaitu Agito, Kino Agito, dan Gills yang memiliki cara henshin berbeda. Rider ke-4 tidak memerlukan kata henshin saat berubah wujud. Dia adalah G3 dan familinya. G3 cs adalah rider yang head designnya mengambil bentuk Kuuga karena serial ini memiliki hubungan tersamar dengan serial Kuuga. Agito sendiri pernah memakai kostum G3 ini untuk melawan para Unknown. Evil rider yang muncul adalah G4 meskipun hanya ada dalam Movie Agito. Agito henshin dengan pose yang tenang, sedangkan Gills dengan pose yang “ganas”.



Serial Ryuki mengenalkan konsep yang lebih extreme, pertarungan antar rider yang pasti memiliki tujuan masing-masing. Tokoh utamanya adalah pemuda yang konyol. Namun gayanya menjadi keren setelah henshin menjadi Ryuki. Perpindahan belt mulai dikenalkan di serial ini. Para rider di dunia Ryuki harus henshin di depan kaca/cermin karena arena battle mereka adalah Mirror World. Ryuki henshin dengan wajah serius, Knight henshin dengan wajah penuh rasa PD, Zolda henshin dengan penuh semangat dan Ouja henshin dengan sangat santai. Ouja selalu memutar lehernya setelah henshin seperti ular yang akan menerkam mangsanya….eh, memangsa korbannya. Pose henshin Rider Verde juga cukup menarik karena menampilkan gerakan tangan yang rumit. Serial ini menampilkan tokoh cewek yang henshin menjadi Kamen Rider Femme. Selain munculnya evil rider yang bernama Ryuga, serial ini memberi kesan bahwa tidak semua orang pantas menjadi rider. Trivia: serial rider pertama yang opening songnya dinyanyikan cewek.



Serial berikutnya adalah Faiz/555. Serialnya menampilkan tiga belt rider, yaitu Faiz, Kaixa dan Delta. Device intinya adalah ponsel. Konsep perpindahan belt terasa kental di serial ini. Tiap belt memerlukan kriteria khusus bagi usernya sehingga tidak semua orang bisa henshin menjadi kamen rider. Namun jumlah orang yang pernah memakai belt ini cukup banyak, bahkan para villain (orphenoch) juga pernah memakainya karena belt itu dibuat untuk melindungi orphenoch. Beberapa tokoh cewek juga pernah henshin menjadi salah satu rider. Main user dari Faiz dan Kaixa memiliki gaya henshin yang khas. Sedangkan gaya henshin main user dari Delta biasa saja karena ponselnya menggunakan aktivasi suara untuk berubah wujud. Rider Faiz memiliki kebiasaaan khas setelah henshin, yaitu mengibaskan tangan kanannya. Movienya menampilkan dua rider, yaitu Psyga dan Orga. Cara Rider Psyga cukup menarik. Dia melempar ponselnya keatas sebelum dipasang ke belt untuk henshin.



Serial Blade menampilkan mekanisme henshin yang baru. Setelah kata henshin dicetuskan, Para rider melewati layer yang akan memberikan armor bagi mereka sebagai rider. Ada 4 orang rider yang berjuang melawan undead. Mereka memiliki gaya henshin masing-masing. Jika Blade biasanya berlari saat melewati layer, Garren hanya berjalan. Leangle sendiri membiarkan layer yang melewati dirinya. Chalice yang merupakan Undead memiliki cara henshin yang sangat berbeda karena tidak menggunakan layer. Serial ini memiliki ending yang heroic karena Blade rela menjadi Undead untuk menyelamatkan dunia.



Serial berikutnya adalah Hibiki. Serial ini menjadi kontroversi karena tidak ada kata henshin yang terucap saat henshin. Para rider menggunakan perangkat dengan tema musik untuk henshin dan persenjataan. Karena alatnya berbeda, otomatis cara henshin (tanpa henshin) mereka juga berbeda.



Serial Kabuto menampilkan konsep zecter sebagai device untuk melakukan henshin. Perpindahan zecter juga terjadi namun bukan karena faktor manusia melainkan zecter itu sendiri. Zecter adalah device yang “hidup” dan bisa memilih usernya sendiri. Rider yang muncul pada serial ini adalah Kabuto, TheBee, Drake, Sasword, Gatack dan Hopper. Rider System ini memiliki Masked Form sebagai bentuk awal. Dengan mekanisme Cast Off, Masked Form henshin menjadi Rider Form. Rider Form inilah yang sering dipakai para rider sebagai default form saat bertempur melawan para Worms. Kabuto Zecter dan Gattack Zecter berasal dari family yang sama, kumbang, namun ridernya menggunakan pose yang berbeda saat henshin. Kabuto dengan gaya yang keren, sedangkan Gatack dengan cara yang terlalu semangat. Kabuto, Gatack dan Hopper menggunakan belt untuk Zecternya, TheBee menggunakan brace, Drake menggunakan gun dan Sasword menggunakan sword untuk zecternya. Hopper zecter adalah zecter yang unik. Memiliki dua sisi dan menghasilkan rider yang berbeda jika dipasang dengan cara berbeda, Kick Hopper dan Punch Hopper.Trivia: Mekanisme Cast Off juga digunakan salah satu Gundam dalam serial Gundam 00.



Serial berikutnya adalah Den-O yang sangat kocak. Ridernya adalah host bagi para imagin untuk henshin. Mereka henshin dengan gaya yang khas sekali. Rider Den-O Sword dengan gaya berandalan, Den-O Rod dengan gaya metropolis, Den-O Ax dengan gaya Sumo, Den-O Gun dengan gaya Dancer dan Den-O Wing dengan gaya pangeran. Pertanyaan fans tentang bagaimana jadinya jika proses henshin terganggu, terjawab di serial ini. Terlihat bagaimana Momotaros berlari untuk menyelamatkan pose henshinnya agar tidak terganggu. Selain gaya henshin yang khas, mereka juga memiliki kata-kata khas sebelum bertempur. Sword Form selalu meng-upgrade hisatsu waza (jurus pamungkas) miliknya. Saat paling konyol adalah saat semua imagin bergabung dalam Climax Form.



Serial Kiva membawa tema vampire dalam ceritanya. Kiva adalah manusia setengah fangire yang bisa henshin dengan menggigitkan device berbentuk kelelawar yang bernama kivat. Tokohnya seorang pemuda yang kikuk. Namun, setelah henshin, gayanya menjadi keren dan termasuk rider yang tidak banyak bicara dalam bentuk rider. Gayanya semakin keren saat kiva dalam form Emperor. Rider kedua adalah Ixa yang merupakan sebuah system untuk melindungi manusia dari fangire. Rider ini bisa henshin dari safe mode ke burst mode. Rider ini juga punya beberapa user yang berbeda. Ada tokoh cewek yang pernah henshin menjadi Ixa. Trivia: Serial ini membentuk band Tetra-Fang yang khusus membawakan OST dari serial Kiva. Mekanisme burst mode digunakan pada Gundam Unicorn.



Serial berikutnya adalah Decade. Serial ini muncul untuk memperingati 10 tahun kamen rider Heisei. Decade menunjukkan dan memutar kartunya sebelum melakukan henshin. Dia mengusapkan kedua tangannya sebelum mulai bertempur. Kata-katanya yang paling terkenal adalah toorisugari no raida da (Rider yang numpang lewat aja). 9 tokoh utama dari serial sebelumnya muncul kembali. Serial ini juga menampilkan Black dan black RX yang legendaries itu. Decade memiliki kemampuan untuk henshin menjadi kamen rider lain namun tetap dengan gaya bertarung Decade yang santai. Rider kedua adalah Diend yang menggunakan sebuah gun untuk henshin. Decade menghubungkan semua serial rider sebelumnya yang sejatinya tidak memiliki hubungan sama sekali.



Rider berikutnya adalah W (Double). Rider ini memerlukan dua orang untuk henshin. Body and Soul yang menjadi satu. Rider dengan tema detektif ini menggunakan device berupa gaia memory untuk henshin dan bertempur melawan dopant. Rider W memiliki beberapa bentuk dari kombinasi gaia memory. Bentuk defaultnya adalah CycloneJoker. Pada saat tertentu Joker bisa menjadi rider sendiri dengan belt yang disebut lost driver. Rider kedua bernama Accel. Dia melakukan henshin dengan gaya yang ngotot. HEN….SHIN!. Rider yang muncul di movie adalah Skull dan Eternal. Trivia: judul movie W memiliki kesamaan dengan movie Batman. (Begin, Forever, Return)



Rider selanjutnya adalah rider OOO (Ozu). Rider Ozu menggunakan kekuatan dari medal kuno untuk henshin. Ozu henshin dengan memegang scanner di tangan kanannya. Bentuk-bentuk Ozu merupakan hasil kombinasi dari medal-medal itu. Bentuk special disebut Combo dan ada 8 form (Tatoba, Gatakiriba, Sagozo, Ratorata, Shauta, Tajadoru, Putotera, dan Burakawani) . Namun jika seluruh bentuk dihitung, maka Ozu adalah Rider dengan Form terbanyak, yaitu 127 form. Di megamax movie, Ozu memiliki form baru,Super Tatoba. Rider kedua adalah Rider Birth. Dia memiliki kebiasaan melontarkan medalnya sebelum henshin. Trivia: serial ini memperkenalkan nama-nama hewan dalam bahasa Jepang.



Serial yang sedang tayang saat ini adalah Fourze. Serial ini mengangkat tema anak sekolah dan luar angkasa. Proses henshinnya menggunakan hitungan mundur yang biasa digunakan saat peluncuran roket. Fourze mengangkat tangannya saat henshin. Gayanya setelah henshin adalah mengangkat kedua tangan sambil berteriak uchuu kita…! Rider kedua adalah Meteor. Dia melakukan beberapa gerakan berlebihan saat henshin. Dia merahasiakan identitasnya dan tidak pernah henshin di depan orang banyak.  Trivia: serial W sampai Fourze sepertinya akan masuk dalam generasi baru karena ada foundation X yang menghubungkan cerita mereka.


Rider selanjutnya adalah kamen rider Wizard. Meskipun belum tayang, gambarnya sudah berserakan di dunia maya. Cara henshinnya sudah pasti belum bisa dilihat. Sebagai penutup, mari kita sambut kedatangan Kamen rider Wizard. [Artikel ini ditulis pada saat Fourze ep Akhir]. (Zet.@, Juni 2012)




Artikel ini Muncul di sebuah majalah elektronik


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...