Sunday, July 7, 2013

Belt Artikel

BELT EVOLUTION


Halo, Sobat. Kita bertemu lagi di Blog yang keren ini. Kali ini @ku akan membahas tentang sabuk tapi bukan sembarang sabuk, Sobat. Siapa sih yang tidak kenal dengan kamen rider? Semua anak mengenalnya dengan nama Ksatria Baja Hitam. Bahkan, superhero terbaru dari Indonesia, Bima Ksatria Garuda juga dikategorikan kamen rider oleh orang awam. Kamen rider memiliki ciri khas yang sudah menjadi trademarknya (kecuali Hibiki, maybe). Belt kamen rider yang akan di ulas di sini adalah KUUGA hingga yang terbaru (mau tamat), WIZARD.
Kamen Rider KUUGA, memiliki belt yang mirip dengan rider-rider pendahulunya seperti Super One dan Black atau Black RX. Bentuk dominannya bundar. Sabuk ini hanya mengerluarkan sound effect (SFX) dan siniar yang berbeda-beda, tergantung perubahan yang di inginkan.
Merah saat berubah menjadi Mighty Form
Biru saat berubah menjadi Dragon Form
Hijau saat berubah menjadi Pegasus Form
Ungu saat berubah menjadi Titan Form
Emas saat melakukan upgrade menjadi rising form
Hitam saat melakukan perubahan ultimate form. 


Belt Kamen Rider Agito masih memiliki kemiripan dengan belt Kamen Rider Kuuga. SO, @ku tidak perlu membahasnya.  




Belt Kamen Rider Ryuki mengalami sedikit evolusi. Selain SFX, ada suara tambahan saat entry kartu. Suaranya, menurut suatu sumber, adalah render dari CG. Itu mungkin sebabnya, saat masuk ke Indonesia, suara beltnya tidak di dubbing. Saat Kamen Rider Ryuki memasukkan kartu untuk memanggil pedangnya, maka yang terdengar adalah suara ”sword vento”. Saat serangan final, yang terdengar adalah”final vento”. Yang tidak menggunakan vento pada suaranya adalah kartu ”survive”. Bisa dibilang, belt Kamen Rider Ryuki adalah belt yang sedikit berisik.


Kamen Rider Faiz (555) mengalami perubahan yang cukup signifikan. Device utama yang digunakan adalah handphone atau ponsel. Untuk berubah wujud (henshin), angka yang ditekan adalah 5 5 5. Saat ditekan, tentu saja ponsel tersebut meneluarkan ringtone yang khas. Setelah enter ditekan, bunyi yang terdengar adalah ”standing by”. Takumi (belt main user) berteriak “henshin” sambil memasukkan ponsel ke dalam slot yang ada di sabuknya. Yang terdengar kemudian adalah konfirmasi ”complete”. Untuk serangan mematikan, voice FX yang terdengar adalah ”exceed charge” (kecuali Kamen Rider Omega, ada konfirmasi ”ready” sebelum ”exceed charge”. Saat Faiz mengakses Ten seconds formnya, Axel, konfirmasi yang terdengar masih sama, yaitu ”complete”. Dalam axel form ini, waktu penggunaannya sangat terbatas. Awalnya ditandai dengan ”start up” dan di akhiri dengan ”three, two, one, time out”. Saat Faiz mengakses Blaster form, kembali terdengar ”standing by” dan dilengkapi dengan konfirmasi ”awakening”. Suara ”error” terdengar saat belt Kaixa digunakan oleh Keitaro.



Belt pada Kamen Rider Blade memiliki voice FX yang berbeda antara satu dengan yang lain. Saat berubah, Belt Blade dan Belt Garren yang merupakan produk pertama mengeluarkan bunyi ”turn up”. Untuk Kamen Rider Leangle dan 3 rider di movie, voice yang digunakan adalah ”open up”. Serangan-serangan yang menggunakan kartu menghasilkan voice FX yang cukup banyak. Misalnya ”Kick”, ”thunder” dan ”mach” akan menghasilkan jurus ”lightning sonic”. Untuk menggunakan form upgrade, Blade menggunakan kartu jack yang menghasilkan suara ”fusion jack”. Sedangkan form terkuat Blade diakses dengan ”evolution king”. Jurus terkuatnya terdiri dari ”spade ten”, ”jack”, ”queen”, ”king” dan ”ace” yang menghasilkan ”Royal Straight Flush”.


Kamen Rider Hibiki tidak menggunakan belt melainkan semacam garpu tala. Jadi, tidak perlu dibahas.  




Berikutnya, Kamen Rider Kabuto. Devicenya disebut zecter. Saat terbang, Kabuto zecter memiliki sfxny sendiri. Saat berubah wujud, selain Tendou (aka Kabuto), beltnya juga mengeluarkan sfx ”HENSHIN”. Untuk menggunakan default formnya (rider form), aksesnya ditandai dengan sfx ”cast off” dan di akhiri dengan konfirmasi ”CHANGE BEETLE”. Ability kebalikan dari ”cast off” adalah “put on”. SFX Enam kamen rider lainnya yaitu ”CHANGE WASP”, ”CHANGE DRAGONFLY”, CHANGE SCORPION”, CHANGE STAG BEETLE”, ”CHANGE KICK HOPPER” dan ”CHANGE PUCNH HOPPER”. Untuk 3 rider exclusive movie, sfxnya adalah ”CHANGE BEETLE” setelah sfx ”HENSHIN” karena mereka bertiga tidak memiliki ability cast off. Special ability dalam Rider form adalah bergerak dengan sangat cepat yang diawali dengan ”CLOCK UP” dan di akhiri dengan ”CLOCK OVER”. Untuk mengeluarkan jurus andalannya, Kabuto menekan zecternya, ”one”, ”two”, ”three” lalu melakukan eksekusi setelah terdengar konfirmasi ”rider kick”. Form terkuat diperoleh dengan adanya hyper zecter dan ditandai dengan ”hyper cast off” serta diakhiri dengan konfirmasi ”CHANGE HYPER BEETLE”. Clock upnya juga menjadi ”HYPER CLOCK UP”. Anehnya, saat rider kick, meski Kabutonya bilang hyper kick, beltnya tetap berbunyi ”rider kick”. Yang berbeda, Kabuto tidak menekan ”one”, ”two”, ”three” pada zecternya melainkan hyper zecter dan konfirmasinya adalah ”MAXIMUM RIDER POWER”. Sebenarnya masih banyak sfx dari Kabuto, terutama saat menggunakan senjatanya, yaitu ”Kabuto power”, ”The bee power”, ”drake power”, ”sasword power”... ”all zecter combine”.


Kamen rider berikutnya adalah Den-O. Sfx yang muncul saat henshin ada beberapa macam, tergantung form yang digunakan. Sfx dan voice Fxnya masing-masing form berbeda, misalnya ”sword form”, ”rod form”, ”axe form”, ”gun form”, ”wing form” dan ”liner form”. Untuk ”climax form” ada tambahan suara yang cukup berisik ”momo-ura-kin-ryu”. Saat melakukan hisatsu waza, konfirmasinya adalah ”full charge”. Saat climax form, ”full charge” digantikan dengan ”charge and up”. Kamen rider kedua adalah Zeronos. Sfx konfirmasinya adalah “altair form” dan “vega form”. Sfx lainnya yang muncul yaitu ”gaoh form”, ”skull form” dan ”hijack form”.


Kamen rider Kiva memiliki henshin device yang unik, berupa kelelawar yang cerewet abis. Karena terlalu cerewet, @ku jadi tidak tau mana yang bisa disebut sebagai sfxnya mungkin hanya ”garuru saber”, ”basshaa magnum” dan ”dogga hammer”. Untuk secondary ridernya, sfxnya jelas. Saat berubah diawali dengan ”ready” dan dikonfirmasi dengan ”fist on”.


Hmm, ternyata banyak juga jadinya. OK. Untuk sementara, sampai di sini dulu, Sobat. Zet.@, 7 Juli 2013, after accessing lunch

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...