Wednesday, February 6, 2013

Artikel Plagiat



(TIDAK ADA) ARTINYA PLAGIAT


@ku menulis hal ini karena merasa terusik dengan sesuatu. Secepatnya aku langsung meraih keyboard. Aku langsung nulis ini sebelum menguap dari otakku. Sebenarnya iseng aja nonton sebuah sinetron di tran*tv. Niatnya sambil ngedit audio buat hape setelah decompile file swf yang berisi soundboard kamen rider. Serial *oh ternyata* tanggal  5 Februari 2013, pukul  8 malam. Judulnya *kisah buku catatan*. Biasanya kan oh ternyata mengangkat cerita horor yang tidak horor. Kali ini yang akan @ku bahas bukanlah horornya, melainkan inti kisahnya. Kisahnya sebenarnya horor tapi menjadi lucu karena ghostnya lucu (pemainnya komedian sih).

Dari sepuluh menit pertama, @ku sudah merasakan dejavu. Setelah tokoh utama hampir tertabrak, doi dirawat jalan di rumah sakit. Di sana dia bertemu ghost asing yang rese banget sama dia. Dugaanku benar. Ghostnya minta macem-macem. Doi mengusir mereka setelah semua permintaan mereka terkabul. Namun doi akhirnya menyesal karena ternyata ghost tersebut adalah keluarganya. Anda dan orang-orang penggemar film korea, pasti akan tau kemiripan kisah ini dengan sebuah movie dari korea. Terlepas apakah film korea itu orisinal atau juga terinspirasi dari film negara lain, sinetron Indonesia ternyata masih memakai sistem jiplak dan plagiat yang sama sekali tidak keren. Kemiripan antara oh ternyata episode ini dengan film korea tersebut adalah sekitar 85%. Meskipun di ubah sebagaimanapun, kalo intinya sama, maka kesan orang yang menontonnya juga akan sama. Mereka pasti akan merasakan dejavu saat menontonnya.

Ternyata, cerita-cerita buatanku masih lebih keren dari sinetron Indonesia. Bukan berarti @ku tidak pernah terinspirasi dengan cerita-cerita yang sudah ada namun, aku tidak pernah melakukan yang namanya plagiat (inti/jalan) cerita. Saat SD, @ku menemukan sebuah buku cerita yang sangat membekas di hatiku. Buku itu berjudul ”DODO, Sesaat tanpa televisi” karya Drs Lindung Ratwiawan. Karakternya ada empat anak dengan sifat yg unik. Mereka adalah Dodo, Halim, Roy dan Johan.

Saat SMA, kelas II, ada seorang guru Bahasa Inggris (thanks to Mrs Margiati) yang mewajibkan muridnya menyetor hasil tulisan (writing) setiap jam pelajaran beliau. Cara mengajar beliau cukup unik. Mungkin jika ada waktu, akan s@ya ceritakan. Beliau memberikan tugas rutin, yaitu ”hanya” meminta cerita sehari-hari dalam bahasa inggris. Memang mudah saja rasanya bagi yang suka pelajaran English. Termasuk @ku. Awalnya ya writing tentang kisah introduction diri sendiri dan keluarga. Namun aku kehabisan ide jika berasal dari kehidupan nyata. Ada beberapa oknum murid yang menggunakan akal bulusnya untuk mensiasati hal tersebut. Mereka mengulang kembali writing mereka setelah beberapa bulan berlalu. Mrs Margi yang (tentu saja) sibuk tentunya tidak mungkin memeriksa setiap writing dari 40 murid dengan teliti. Puraido @ku yg cukup tinggi tentu saja tidak membiarkan @ku membuang waktuku dengan menulis kembali cerita yang sama. Thats really wasting time.

Akhirnya @ku mulai menggali dari dunia imajinasiku. Buku DODO lah yang menginspirasiku. @ku mengambil 4 serangkai itu dalam ceritaku. Meskipun namanya sama, namun karakternya berbeda. @ku memasukkan karakterku diriku sendiri kedalam 4 serangkai itu. @ku mengambil nama mereka karena tidak ingin ambil pusing tentang nama. Namun (beberapa tahun kemudian) akhirnya aku sadar, membuat nama yang bagus dan belum pernah ada (orisinal) bukanlah hal yang mudah. Akhirnya, sambil membuat serial superhero lain, @ku mengu bah 4 nama tokoh itu menjadi Mechadot Setya Budi, Dito Eka Putra, Cino Lee dan Neo. Keempat nama itu disingkat menjadi MEDICINE. Saat akan tertuang di dunia web, terjadi revisi nama lagi. Dito menjadi Diztro dan Neo menjadi Neo Borqali (jika disusun menjadi qali borneo). MEDICINE terinspirasi dari nama sebuah grup band dari negeri Jiran. Nama superhero @ku yang lain juga terinspirasi dari sana, XPDC.

Jadi manakah yang lebih kreatif, konsep mirip dengan jalan cerita berbeda atau konsep beda namun dengan jalan cerita yang mirip? Konsep yang mirip dengan story line beda bisa di saksikan pada Kyoryu Sentai Zyu Ranger (Dinosaur Squadron Beast Rangers )dan Mighty Morphin Power Ranger.

Power ranger adalah superhero pertama yang memberikan inspirasi pada writingku setelah serial MEDICINE dan XPDC selesai. Tidak tanggung-tanggung, @ku langsung buat 5 kelompok ranger yang eksis pada masa yang sama. Mereka mewakili 5 (mungkin 6) benua yang ada di Dunia. Yang jelas, buku atlas dengan setia menemaniku saat serial ini ditulis. Setelah beberapa tahun kemudian, untuk memberikan trademark tersendiri, @ku memutuskan untuk mengubah kata power ranger dan zord dalam ceritaku. Ternyata, mencari pengganti dua kata itu bukanlah hal yang mudah.
        
    Saat serial anime ”medabot” tayang di televisi, imajinasiku pun berkreasi membuat sebuah cerita berbeda dengan konsep yang mirip. @ku menuliskan ide2 konsepnya pada sebuah buku konsep/buram. Namun sayang sekali, buku itu lenyap bagai di telan bumi. Yang tersisa hanyalah rancangan medalnya saja. Akhirnya kandaslah ide cerita ini. Bukannya tidak bisa, ada cerita superhero lain yang harus segera digarap sebelum menguap. Kata medabot ini juga menginspirasi @ku untuk membuat (universal) usernameku di dunia maya.

Gundam(baca:gandam) juga memberiku inspirasi untuk membuat sebuah cerita. Konsep mobile suitnya sudah dirancang dengan matang. Namun sayang sekali, storylinenya masih belum dijabarkan menjadi rangkaian cerita yang keren. Kangen rasanya pengen melanjutkan imajinasiku dalam dunia mecha.

Menulis untuk tugas writing sebenarnya sudah tidak diperlukan karena saat kelas 3 IPA, tidak ada lagi tugas macam itu. Namun, karena tingkat kecanduannya sudah tinggi, @ku teruskan saja meskipun tidak lagi dalam Bahasa Inggris karena @ku cukup kesulitan memberikan deskripsi dalam English. The story goes on.

Akhirnya, cerita yang terealisasi adalah cerita yang terinspirasi dari kamen rider Kuuga. Yang jelas, trademark kamen rider sudah kuubah agar karyaku tidak terkesan mendompleng karya besar. Seiring berjalannya waktu dan penambahan informasi dari dunia nyata, anime, tokusatsu dan superhero barat, cerita ini mengadaptasi konsep yang telah terasimilasi dengan sangat baik. Kelemahannya adalah settingnya di luar negeri, tepatnya di Eropa (ingat lagi kesetaiaan atlas). Meskipun cukup panjang, ternyata kisah ini belum berakhir dengan sempurnya. Penggarapan season 2nya masih tertunda alias hiatus.

Cerita yang tamat dengan sempurna adalah cerita tentang seorang anak kuliahan yang sedang kuliah dan menjadi superhero. Inspirasinya datang dari spawn, namun hanya konsep perubahan wujudnya saja. Cerita ini mengambil setting di dunia yang Gaje. Saat itu @ku sedang kuliah di ITS (Institut Tokusatsu Surabaya?, Bukan). Akhirnya, dalam deskripsinya kampus itu menjadi settingnya.

Cerita berikutnya yang berakhir dengan keren adalah cerita para penjaga bumi yang berjuang bersama dalam menjaga bumi. Konsep perubahan kekuatannya sangat dipengaruhi oleh konsep Kamen Rider Kabuto. Ya, tidak apa-apalah. Yang penting kisahnya berbeda jauh dan lebih keren dari superhero sebelumnya.

Cerita yang paling orisinil konsepnya adalah kisah tentang 4 serangkai yang berjuang demi sebuah rahasia. Orisinil karena saat itu, setauku, cuman tokohku yang menggunakan ring sebagai main devicenya. Eh, setelah itu ketemu sama Garo. Ternyata konsep ring Garo lebih keren. Apalagi sekarang setelah ketemu Kamen Rider Wizard. Yah.. gak apa-apa deh. Konsep superhero terakhir ini sepertinya akan menjadi masterpiecenya karena ada banyak konsep yang masuk, mulai dari one piece, bleach, shaman king, saint seiya, gundam, kamen rider, melody of oblivion, de el el. Misal dari one piece, mengambil konsep dunia alternatifnya (bukan bumi/Earth) dan konsep bountynya. Konsep bounty ini juga di pake di Kaizoku Sentai Gokaiger.

Okeh, sekian saja dulu. Besok ada jadwal surve. Jadi harus menabung chikara buat hari esok.
Inisial WI, Zet.@ codename mechadot dari Zaination, end this writing....Feb 05-2013 at 10.45 PM...

2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...