Tuesday, March 13, 2007

PLUTO



The Greatest Robot On Earth



Saat masih kecil dulu, @ku kenal pluto sebagai nama sebuah planet. Planet yang paling kecil dan paling jauh dari matahari sebagai pusat sistem tata surya. Zaman berubah dan semakin berkembang. Pluto akhirnya di depak dari jajaran planet tata surya. Baiklah, yang akan @ku bahas bukanlah Pluto si mantan planet tapi Pluto, robot terkuat di dunia, tokoh dari manga karya Ozamu Tezuka (pencipta tokoh Astro Boy) dan Urasawa Naoki yang beken dengan karya Monster dan 20th Century Boys.

@ku mengenal manga ini saat masih duduk di bangku kuliah. Saat itu bukan sedang banyak WAKTU LUANG, tapi karena stress menyusul tugas kuliah yang tidak pernah berhenti menyerang. Daripada melampiaskan stress dengan berdemo dan melakukan destruction, lebih baik baca manga aja. Ternyata jadinya malah lebih stress. Anda tau kenapa? Karena Manga ini bertema detektif.

Sebenarnya @ku sudah agak lupa dengan manga ini karena saat di rental manga dulu, manga ini keluar/terbit beberapa bulan sekali. Setelah lulus dan kembali ke bumi Borneo, rental manga agak sulit ditemukan. Rentalnya aja susah, apa lagi manga yang bergenre dewasa seperti Pluto ini. Namun ingatanku kembali segar saat melihat poster 2013 yang berisi anime yang bakal tayang pada awal 2013. Ada anime Pluto di sana. @ku langsung menuju sebuah situs manga online yang ada di dunia maya. Setelah belajar cara download manga online, @ku searching manga Pluto. Dan tepat sekali, Pluto ada dan statusnya sudah completed atau TAMAT. 

Tokohnya bernama Gesicth (Jerman: wajah). Dia melakukan investigasi pada kasus pembunuhan robot yang diduga pelakunya adalah robot juga. Hal ini sebenarnya tidak mungkin karena robot dilarang membunuh manusia dan robot lainnya.

Ternyata pelakunya mengincar robot-robot terkuat di dunia yang berjumlah tujuh unit, antara lain Mont Blanc, North No.2, Brando, Heracles, Upsilon dan Atom. Tenyata Gesicth adalah salah satu targetnya. Kasus ini terjadi pada zaman dimana robot sudah memiliki A.I. (artificial intelegence) yang sangat tinggi. Yang membedakannya dengan manusia adalah sistem program robot yang tidak memungkinkan mereka untuk berbohong. Dunia yang penuh dengan robot adalah dunia tanpa dusta. Hanya kesetiaan, cieee.

Singkatnya, ceritanya benar-benar keren. Banyak hal tidak terduga. Atom atau astro boy, yang @ku perkirakan akan mengalahkan Pluto, ternyata dikalahkan dengan mudah oleh Pluto. Ternyata adiknya Atom yang menjadi pioneer jagoannya. Dari manga ini, kita di ajarkan untuk tidak memperturutkan emosi karena balas dendam tidak akan melahirkan apapun selain dendam yang berkepanjangan. Ada sebuah quote yang keren, ” jika manusia boleh membunuh manusia yang lainnya, mengapa kami para robot tidak boleh membunuh robot lainnya?”. Robot di program untuk tidak saling menghancurkan namun saat A.I. nya sudah mendekati level manusia, mereka bisa membuat keputusan sendiri. Tidak lagi bergantung pada programnya, robot akan bergerak sesuai feeling mereka sendiri. Jika hal ini menjadi kenyataan, maka bisa dipastikan manusia akan dimusnahkan oleh para robot. (Zet.@, one hour before midnight, 11 Maret 2013)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...