Saturday, May 20, 2017

Online Shopping

Belanja Di Dunia Maya

Adanya media sosial membuat perubahan yang cukup signifikan di berbagai lini kehidupan. Menemukan teman lama yang lama tidak bertemu. Berkenalan dengan teman baru dan banyak hal positif lainnya namun tidak terhitung juga sisi negatif akibat kemunculan media sosial. Misalnya, terjadinya penculikan anak. Semuanya dimulai dari foto-foto anak yang diunggah oleh orang tuanya maupun mereka sendiri. Nah, jadi lupa tujuan utama penulisan kali ini. Kali ini @ku akan bercerita sedikit tentang jual beli online.


Jual beli online begitu mudah terjadi namun kita harus berhati-hati kerana sering terjadi penipuan karena jual beli online. Ada beberapa situs yang sudah terpercaya karena menggunakan rekening bersama atau dengan aplikasi sistem berbasis android. Ada juga sistem online yang lebih mengutamakan penjual dan pembeli bertemu secara langsung sehingga pembeli bisa memeriksa barang yang dijual terlebih dahulu.


Akhir-akhir ini, situs jual beli berlomba dengan fitur yang cukup menggiurkan, free ongkir. Tentu ini bisa membuat fans online shop semakin bersemangat. Untuk pengiriman jarak jauh, penjual menggunakan jasa pengiriman tertentu. Ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada beberapa kasus pengiriman yang pernah ramai di media sosial. Barang yang dikirim mengalami kerusakan parah meskipun sudah ditulis di cover paket ”JANGAN DIBANTING”, ”MUDAH PECAH”, ”BARANG RAPUH” dan sebangsanya. Ada juga kasus salah kirim yang tersesat hingga ke pulau yang  berbeda.


Online shopping terkadang atau mungkin sering membuat fansnya kecanduan. Itu cukup mengerikan. @ku pernah membeli beberapa barang secara online. Yang pertama adalah mainan robocar poli. Kenal penjualnya melalui facebook. Dan ternyata tempat tinggalnya tidak jauh dari penulis. Yang kedua adalah mainan gundam. Penjualnya adalah teman dari teman penulis. Dia menjual robot gundamnya kerana memerlukan dana segar. Yang ketiga adalah mainan paw patrol. Ada beberapa pilihan dengan harga yang berbeda. Tentu saja aku memilih yang murah namun banyak isinya. Yang keempat adalah mainan Mars Robot.


@ku juga pernah menjual barang secara online. Ada ponsel Blackberry dan hardisk internal personal computer. Semuanya dengan cara bertemu langsung. Jadi tidak perlu repot memaketkan barang ke luar kota. Untuk barang berupa hardisk eksternal, @ku tidak berani membeli secara online kerana jika terjadi sesuatu, misalnya tidak terdeteksi, maka akan sulit mengembalikannya. Hal ini pernah terjadi saat @ku membeli hardisk dengan kapasitas 1 terrabyte. Setelah di coba di laptop pribadi, partisi dalam hardisk tidak terdeteksi. Langsung saja ke tokonya karena tidak jauh dari rumah. Biasanya @ku membeli barang semacam itu di Twincom Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Oya, @ku juga pernah membeli jas hujan merek Axio secara online tapi tidak secara langsung. Titip dengan seorang teman. Dia membeli 4 buah sekaligus sehingga menghemat ongkos kirim. OK. Sudah saatnya mengakhiri cerita ini. Terima kasih atas perhatiannya.


Zet.@ Rider 204517052017.....

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...