Thursday, June 15, 2017

Mawar Merah

Suka Duka Sang Mawar

Tanam menanam ternyata bukan hal yang mudah. Kalau rumput yang ditanam, ya sangat mudah. Beberapa bulan yang lalu, @ku mencari beberapa bibit. Sebenarnya bukan bibit, tapi potongan batang mawar. Ada beberapa potong, tepatnya empat buah. Masing-masing memiliki ceritanya sendiri.



Yang pertama. Setelah ditanam, tidak ada tanda-tanda tunas yang muncul. Lama kelamaan, batang itu menghitam. Sudah bisa dipastikan layu dan mati. Musnahlah riwayat mawar yang pertama.
Yang kedua. Batang mawar kedua tidak jauh berbeda dengan yang pertama. Tidak ada tunas yang muncul. Batang kedua akhirnya menyusul batang pertama ke alam baka.

Yang ketiga. Batang mawar ketiga lumayan berhasil. Muncul tunas di beberapa titik. Tunas mulai berubah menjadi daun muda. Akhirnya muncul daun yang berwarna hijau. Beberapa hari kemudian, @ku terkejut karena tunas diujung batang patah. Sepertinya itu ulah ayam yang tidak bertanggung jawab. @ku berdoa semoga mawar ketiga ini bisa bertahan hidup karena masih ada tunas lainnya yang bertahan. Ternyata tunas baru yang selamat dari tendangan ayam ikut layu. Batang menjadi hitam dan mati. Dengan berat hati, aku mencabut batang mawar ini. Ada yang aneh. Batang yang tertanam di dalam tanah tidak utuh lagi. Sepertinya ada binatang kecil yang memakan batang mawar ini. Pantas saja dia tidak bisa bertahan hidup lagi.

Yang keempat. Mawar keempat nasibnya lebih mendebarkan. Hingga batang ketiga mati, mawar keempat ini belum juga bertunas namun batangnya belum layu. Akhirnya, setelah beberapa bulan, mawar inilah yang berhasil bertahan hidup. Mawar ini telah melahirkan bunga pertamanya. Rasanya puas sekali melihat bunga ini. Berapa banyak perasaan yang terlibat untuk membesarkan mawar ini.

Yang lebih parah mempermainkan perasaan adalah bunga aster. Dia layu setelah menumbuhkan tunas baru. Namun ternyata semuanya mati. Ada tiga jenis aster yang berbeda dan semuanya mati tanpa jejak. Sedih sekali.


Zet.@ Rider 130028052017

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...