Monday, April 30, 2018

Prahara Sebuah Lagu




Lagu adalah kata-kata yang dialunkan dengan nada tertentu sehingga enak di dengar. Ya, itu adalah definisi sesuai kemampuan penulis, bukan berasal dari kamus. Untuk lebih jelasnya, cek kamus besar bahasa Indonesia. Lagu bisa menjadi media pendidikan anak. Biasanya, anak-anak di jenjang TK mendapatkan pendidikan melalui lagu. Misalnya mengenal bagian tubuh, mengenal rukun iman, nama nama Alloh dan Nama Rosulnya.


Bisa dibilang, lagu bisa menambah pengetahuan umum meskipun sekarang banyak lagu ”sampah”, lagu yang tidak bisa diambil manfaatnya. Ya, begitulah perkembangan lagu dari zaman ke zaman. Yang perlu diingat, lagu yang bersifat pengetahuan seyogyanya tidak mencampurkan fakta dengan fiksi atau dalam bahasa kerennya adalah hoax. Mencampur adukkan fakta dan fiksi bisa menimbulkan kerancuan. Jika mayoritas informasi adalah fakta, maka informasi minor yang bersifat hoax kemungkinan akan dianggap fakta oleh pendengar yang belum mengetahuinya.

Ambil contoh lagu ini.
.....
Rambo adalah tokoh fiksi dan tidak layak mewakili "jagoan". Rambo hanya khayalan imajinasi tentang seorang prajurit yang bisa menghancurkan satu batalyon seorang diri tanpa bantuan siapapun. Dan perlu diingat, jagoan dari satu pihak namun pembunuh bagi pihak lainnya. Itulah ironi yang disandang seorang jagoan.

Dari percakapan yang sering beredar, dan mungkin lagu inilah yang terngiang-ngiang dan menanamkan pemahaman pada anak-anak bahwasanya "samurai" adalah senjata dari Jepang padahal "samurai" adalah salah satu profesi terkeren di jaman edo. Itu adalah tulisan awal penulis yang ternyata mendapatkan respons dari seseorang yang mantap sumber informasinya. Dia mengecek di KBBI dan ternyata memang benar jika samurai bisa diartikan sebagai senjata. Penulis berasumsi, salah kaprah yang sudah dominan dan menjamur membuat kata samurai diadopsi dan bisa diartikan sebagai senjata. Jadi, jika ada kalimat ”Ada samurai yang membawa samurai”, artinya anda sedang berada di Indonesia. Ya-Haaaaa.

Zet.@ Rider 105230042018

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...