Sunday, July 21, 2013

SANG OKNUM

BAB I PENDAHULUAN



Waktu terus berjalan. Itu benar kan, sobat? Jaman terus berkembang (berbunga?) dari jaman dulu (jadul) yang terkenal karena purbanya hingga jaman millenium yang terkenal dengan teknologinya. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek jar urang) tentu membuka jalur dan bidang baru hingga muncul profesi-profesi baru yang belum pernah ada sebelumnya.

Kali ini saya akan membahas sebuah profesi (bayangan) yang ada (menempel) di setiap profesi. Profesi baru ini disebut OKNUM. Ya, profesi ini sering disebut-sebut di televisi, media cetak dan media elektronik. Sepertinya profesi ini adalah profesi yang sedang booming di negeri yang bernama Indonesia ini. Baiklah, saya akan membahas profesi ini satu persatu. Yang pertama adalah Oknum Masyarakat.

1. OKNUM MASYARAKAT
Ini adalah profesi yang paling umum karena mencakup koloni yang luas. Apa yang dilakukan masyarakat hingga menjadi oknum? Yang mereka lakukan mungkin sepele (menurut beberapa orang), yaitu buang sampah sembarangan di suatu lokasi. Anggaplah Cuma 2 atau 3 orang yang menjadi pionirnya. Jika sukses, beberapa oknum ini akan memancing oknum lainnya. Jika jumlah oknumnya sudah mencapai satu kelurahan (satu rukun tetangga juga bisa), maka tempat (lokasi) itu akan suskses menjadi salah satu TPS liar yang baru. Dampaknya tentu saja sudah bisa dibayangkan. Harum semerbak bisa dinikmati dari TPS liar itu. Apalagi jika lokasi berada di jalan Arteri atau Kolektor. Siapa yang akan menjadi korban? Tentu saja masyarakat sendiri. Yang akan merasa serba salah adalah Dinas Kebersihan. Mereka tentu akan mengangkut sampah-sampah di lokasi itu (meski dengan berat hati). Jika tidak diangkut, sampah akan semakin menggunung dan bisa menjadikan wilayah sekitarnya terkontaminasi. Jika di angkut ke TPA resmi, maka lokasi itu seakan-akan telah beralih status dari TPS liar menjadi TPS yang legal. Benar-benar buah simalakama. Untuk membahas (lebih dalam) masalah sampah ini, silahkan baca artikel yang saya buat mengenai sampah. Silahkan ikuti link berikut ini. KLIK!!


Oya, sepertinya ada yang terlupa. Sebelum mengikuti uraian tentang Oknum berikutnya, saya akan memberikan pengertian dari Oknum. Pengertian ini diambil dari bebrapa sumber dan sumber utamanya adalah Mr Google. Oknum adalah anggota komunitas yang bisa merusak citra komunitas. Disebut oknum karena ada 1 dari 1000 orang komunitas. Jika jumlahnya masih dibawah 50%, (mungkin) masih bisa disebut oknum. Namun jika jumlahnya sudah melebihi 50% dari seluruh anggota komunitas, maka itu bukan lagi oknum melainkan identitas komunitas.

OK, selanjutnya adalah para perokok yang menikmati rokoknya sambil menebarkan racunnya pada lingkungan sekitar. Kalangan ini juga bisa dikategorikan sebagai oknum masyarakat yang bisa membahayakan kesehatan masyarakat pada skala yang lebih besar. Menurut penelitian, asap rokok itu 10 kali lebih berbahaya dari asap yang dihasilkan mesin kendaraan bermotor.
Nah, apakah anda termasuk ke dalam kalangan oknum masyarakat?

Berikutnya adalah oknum.... bersambung..

Zet.@, Minggu, 21 Juli 2013, in the morning but finished at night

IMAGE SOURCE: MR GooGle

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...