Monday, January 8, 2007

Den-O Review


Kamen Rider Den-O



Kamen rider Den-O adalah serial kamen rider yang melanjutkan masa tayang Kamen rider Kabuto. Asal mula kenal rider ini juga lewat japanhero. Download tiap minggu video clip battlenya. Awalnya @ku agak kecewa melihat potongan episode satu. Kupikir rider kali ini kembali  ke pakem semula. Memperkenalkan diri pada musuh saat baru berubah (henshin). Dia ternyata bilang “ore sanjou” yang artinya aku datang. Awalnya, saat liat yang RAW itu, @ku mengira dia  bilang ”aku adalah anak matahari, ksatria baja hitam RX”. Ternyata, bukannya kembali ke pakem, malah keluar dari pakem secara klimaks.
@ku pernah meng-copy beberapa file kamen rider yang pertama kali muncul, yaitu kamen rider Ichigo. Ada 5 file, episode 1 sampe 5. Semua episodenya menegangkan, sadis, suram, dan mengerikan. Yang jelas, menurut @ku pribadi, serial Ichigo amat sangat tidak cocok ditonton anak-anak. Namun di Indonesia, secara sekilas, orang akan menganggap tontonan itu adalah tontonan anak-anak. Yang lucu itu monsternya. Lawan pertama Ichigo Adalah Bat-man dan Spider-Man. Apakah ini di sengaja atau tidak, penulis tidak mengetahuinya. Yang jelas, efek film ini benar-benar jadul jika dibandingkan dengan masa sekarang. (Review Ichigo numpang di sini saja).
Kembali pada Den-O. Serial lengkapnya @ku dapat setahun kemudian dari seorang teman. Adik tingkat saat kuliah. Setelah complete 50 episode, Barulah serial ini bisa dinikmati. Serial ini mengandung unsur humor yang sangat bombastis, mirip opera gitu deh. Hal ini terkait erat dengan karakternya yang beragam dan memiliki ciri masing-masing. Tokoh ridernya bernama Ryutaro yang diperankan oleh aktor berbakat Takeru Satoh (akhir-akhir ini sangat terkenal karena perannya dalam samurai X atau ruroni kenshin). Ryutaro adalah pemuda lugu yang lemah (lembut) dan memiliki bakat unlucky yang sangat besar. Bayangkan! Setelah kepalanya terkena bola kasti, kepalanya dikenai bola volley. Setelah itu terkena bola basket. Dan yang terakhir terkena bola amefuto (eyeshield 21). Hal itu terjadi dengan simultan.
Ryutaro Nogami benar-benar karakter lemah yang tidak mungkin menjadi kamen rider. Dia sampai pingsan saat ada preman yang bentak dia. Unluckynya semakin besar saat seorang imajin (istilah monster di serial ini) merasukinya. Dialah momotaros yang berwatak preman dan suka berkelahi. Dia menggunakan tubuh Ryutaro untuk henshin menjadi kamen rider Den-O sword Form. Konsep ini sangat segar. Dalam satu rider ada dua jiwa. Nasib Ryutaro semakin parah saat imajin yang dinamai Urataros merasukinya. Urataros merasuki Ryutaro saat dia sedang tidur. Dia gunakan waktunya itu untuk memancing para gadis yang ditemuinya. Akibatnya, Ryutaro merasakan pegal-pegal di siang hari. Dia merasa tidurnya tidak berguna lagi untuk merestore staminanya. Itu semua adalah ulah Urataros yang kemayu dan metropolis.
Imajin ketiga yang numpang di tubuhnya dinamai Kintaros. Dia adalah seorang Sumo-freak dan spontan merasuki Ryutaro saat mendengar kata ”naku” atau sejenisnya. Kintaros sebenarnya berasal dari orang lain. Saat kontraknya selesai dan dia memudar, Ryutaro meminta Kintaros memakai tubuhnya agar bisa hidup lebih lama dan tidak lenyap. Kebiasaan(bisa dibilang Hobi)nya adalah tidur. Sebagian waktunya dipakai untuk tidur. Imajin berikutnya adalah Ryutaros, bedakan antara Ryutaro dan Ryutaros!! Ryutaros memiliki sifat kekanak-kanakan (tidak mau kalah) dan periang. Awalnya dia berniat menghabisi Ryutaro kerana suatu alasan. Akhirnya dia bergabung dengan grup imajin aneh Ryutaro.

Takeru Satoh sangat hebat memerankan tokoh Ryutaro ini karena bisa berakting dengan sesuai karakter imajin yang merasukinya. Denger-denger,  untuk menjadi Kenshi Himura, mangaka samurai X sendirilah yang memilih Takeru Satoh sebagai pemerannya. Keren gak tuh? Kembali ke topik. Yang menandakan dia dirasuki adalah rambutnya. Warna merah untuk momotaros, biru untuk Urataros, kuning untuk Kintaros dan Ungu untuk Ryutaros. Saat dia dirasuki, maka seiyuu(pengisi suara)lah yang berperan. Pada serial kamen rider pada umumnya, seiyuu dalam wujud rider adalah tokoh utamanya sendiri karena di dalam wujud rider tersebut adalah suit actor. Nah, di serial Den-O ini, ada seiyuu ketiga yang berperan. Karena ada 4 imajin utama, maka ada 4 seiyuu yang ikut berperan. Masing-masing imajin juga  memiliki suit actor tersendiri. Hal ini menjadi Den-O cukup rumit. Kalu tidak salah, seiyuu Kintaros adalah seiyuu yang sama untuk tokoh Hidan dalam naruto shippuden.
Ceritanya benar-benar menghibur, sangat kontras dengan serial Ichigo. Fiuh.. yang paling konyol adalah saat keempat imajin itu bergabung menjadi satu rider, climax form dari Den-O. Benar-benar tidak pernah terbayangkan ada kamen rider dengan kelakuan seperti itu. Sepertinya, imajinasi liar dan hal-hal yang tidak diharapkan muncul dalam serial rider, muncul dalam serial ini. Ternyata, serial yang dikonsep dalam sistem SKS (sistem kebut semalam) ini menjadi serial yang paling sukses karena telah melahirkan beberapa movie. Namun sayangnya, Takeru Satoh tidak terlibat lagi di dalamnya.

Kamen rider ini memiliki markas besar berupa kereta api (densha) yang bisa melewati lorong waktu, baik itu masa lalu maupun masa depan. Benar-benar kendaraan fantasi yang keren. Masing-masing imajin memiliki kereta dan bisa bergabung menjadi seekor naga raksasa yang punya jurus pamungkas sebesar kamehameha.
Perkembangan tokoh Ryutaro sangat terlihat dari episode awal hingga episode terakhir. Dia tidak lagi pemuda yang lemah tanpa resolution. Dia akhirnya pantas menjadi seorang rider tanpa harus bergantung dengan kekuatan sobat-sobat imajinnya. Jika ingin tontonan kamen rider yang menghibur, serial ini sangat di rekomendasikan karena tidak memerlukan banyak kerja otak untuk berpikir. Dibalik ceritanya yang konyol, ternyata tersimpan rahasia besar. Rahasia ini cukup rumit karena terungkap pada episode akhir dan berkaitan dengan past, present dan future.
Sekian reviewnya, maaf jika tidak melibatkan rider kedua yang cukup cool saat bertarung tapi kocak saat berinteraksi dengan imajin patnernya yang konyol. Nama rider ini adalah zeronos dan nama ini sempat diabadikan sebagai nama sebuah fansub, order of zeronos. (Zet.@, midnight, 01 January 2000-13)

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...