Wednesday, January 10, 2007

Pinky Review


Kamen Rider DECADE


Yo, akhirnya sempat juga membuat review tentang Kamen Rider Decade. DCD dikatakan sebagai kamen rider paling berpengaruh terhadap dunia tokusatsu, just my opinion. Mau bukti? Lihat saja kemunculan Kaizoku Sentai Gokaiger. Itu pasti ulah DCD. Dalam dunia ultraman, muncul Ultraman Galaxy yang bernama Ultraman Ginga. Dari genre Gundam, muncul serial Gundam built fighter, yang menggunakan konsep mirip dengan Decade.


Baiklah, kembali ke inti review. Yang paling mencolok dari penampakan Decade adalah warnanya. Warna Decade begitu cerah sehingga banyak yang mengira jika warna Decade adalah merah muda sehingga mendapat julukan Pinky Rider. Berdasarkan Informasi yang resmi, warna Decade adalah Magenta. Ingat ITU!

Entah siapa yang membuat konsepnya, yang jelas @ku terkesima dengan konsepnya. Decade menggunakan decadriver untuk henshin dan menggunakan berbagai jenis kartu untuk henshin ke wujud kamen rider sebelumnya. Decade bisa henshin menjadi Kuuga, Agito, Ryuuki, Faiz, Blade, Hibiki, Kabuto, Den-O dan Kiva. Total ada sembilan kamen rider. Selain itu, dia juga bisa meng-akses masing-masing form rider itu.

Decade menggunakan konsep dunia alternatif. Mungkin konsep ini digunakan kerana pemain asli kamen rider terdahulu tidak ikut meramaikan serial ini. Sayang sekali. Gambaran kamen rider di dunia Decade juga berbeda dengan serial aslinya. Kuuga yang begitu keren di serial aslinya, di serial Decade hanya menjadi bulan-bulanan yang tidak nyaman dilihat. Ya begitulah. Syukurnya Image Kamen rider Kabuto tidak terlalu bergeser dari serial aslinya. Yang sangat mirip serial aslinya adalah Kamen rider Den-O. Kekocakan empat imajin dari dunia Den-O begitu terasa ekstraknya.

Dunia Agito menceritakan bagaimana sebenarnya serial Agito jika diringkas. Kamen rider Gills adalah wujud Kekuatan Agito yang belum sempurna. Dunia Ryuuki masih menggunakan konsep serial aslinya, yaitu battle royale antar rider. Dunia Ryuuki memunculkan satu rider baru, yaitu Abyss. Konsep yang berbeda dimunculkan dalam dunia Kamen rider Blade. Mereka bertempur untuk mengumpulkan point sehingga bisa naik peringkat.

Dunia Faiz masih mirip dengan serial aslinya dimana makhluk dari dunia seberang yang berpihak pada manusia. Pada dunia Kiva, terjadi pertukaran konsep orang tua. Jika di serial aslinya Ibu kiva adalah Fangire, maka di serial Decade, Ayahnyalah yang merupakan Fangire. Di Dunia Kiva, ridernya masih anak-anak. Sama kasusnya dengan Dunia Hibiki. Tokoh penerusnya juga masih anak-anak. Konsep Murid dan Guru terlihat jelas di dunia Hibiki.

Dari semua dunia alternatif itu, yang sangat menggembirakan adalah dunia Black dan Black RX. Tokoh asli dari serial ini yang bernama Kotaro Minami ikut berperan di sini. Keduanya muncul dalam satu scene dan melakukan perubahan bersama. Half Thanks to latest technology. Penampakannya yang sudah berumur begitu ketara.

Ada yang berkata jika serial ini begitu fail kerana tidak memberikan ending yang memuaskan. Namun bagiku pribadi, serial ini cukup menghibur dan bisa memberikan nostalgia masa SMA. Pinky rider begitu terkenal hingga muncul di beberapa Movie, termasuk yang terbaru, Showa Rider versus Heisei Rider. Selain warnanya yang begitu mempesona, cara bertarungnya yang asal-asalan itu juga mudah diingat. Itu adalah serial yang membuka konsep baru dalam dunia kamen rider.

Angka 10 dari kata Decade adalah asal penggunaan 1 kartu untuk drivernya. Angka 2 merupakan konsep 2 memory dalam serial Kamen rider Double. OOO merupakan konsep 3 medal dalam serial Ozu. Kemudian penggunaan konsep angka 4 Switch dalam serial Kamen rider Fourze. Konsep angka 5 digunakan di Wizardiver dalam serial Kamen Rider Wizard. Drivernya berbentuk telapak tangan yang memiliki 5 jari. Konsep angka 6 digunakan dalam serial Gaim. Coba lihatlah, Gembok yang mereka gunakan itu mirip angka 6. Kata ”lock” juga merupakan plesetan dari kata ”roku” yang berarti 6.

Hmm, sepertinya review ini mulai out of the box. Konsep mengubah rider lain dengan kartu ”final form ride” cukup bagus meskipun tidak terlalu etis kurasakan. Haha. Yang keren itu konsep summon rider oleh rider kedua dalam serial ini. Rider kedua yang bernama Diend memiliki kemampuan memanggil kamen rider lainnya dengan kartu yang dia miliki. Bayangkan saja. Jika dia memanggil seluruh kamen rider dengan kartu miliknya, dia bisa menjadi Bos Kamen rider yang tidak terkalahkan.

Baiklah, mungkin ini akhir dari review kali ini. Yang jelas, serial ini cukup menghibur. Tidak perlu memikirkan hal-hal yang janggal dalam serial ini. Jangan membuang tenaga dengan memikirkan hal-hal yang aneh dalam serial ini. Singkatnya, serial ini cukup berjasa kerana membawa perubahan besar dalam dunia kamen rider dan dunia sekitarnya.


Mechadot aka Zet.@ Rider on 19 Agustus 2014 pikul 16.10 sore on lonely office. 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...